Cinta Eros-Filia-Agape

Posted: October 2, 2008 in Personal
Tags: , , , ,

Sembari membelai lembut rambut putrinya yang masih sesengukan, sang bunda menjelaskan dengan sabar.

“Anakku, cinta itu ada 3 macam. Ada eros, filia, dan agape. Cinta yang membuat hatimu tergores saat ini adalah eros. Eros adalah cinta yang butuh dipuaskan. Kebanyakan hubungan cinta dimulai dengan ini. Saat kau begitu merindukan kehadirannya dan menjadi demikian bahagia bertemu dengannya. Saat mendengar suaranya, memandang wajahnya membuatmu terbuai. Saat kau merasa begitu indah dengan cintanya yang berlimpah. Dan disaat lain kau begitu terluka saat kau merasa ditolak, tidak diperhatikan. Disaat lain lagi kau merasa hancur lebur saat kau sadar bahwa ucapannya untuk -fight for you no matter what- atau -choose you over anything else- hanya omong kosong. Atau saat janjinya tidak terbukti. Kau menjadi terluka dan menangis, tangis yang tidak mampu kau hentikan, walaupun disaat yang sama kau sangat membencinya karena telah membuatmu terluka.

Anakku, eros adalah cinta romantis, di mana gairah dan fantasi sering mengambil alih hidup dan kepribadian dari mereka yang terlibat. Seakan-akan kehidupanmu hanya terpusat pada sang kekasih. Istilah psikologinya obsesive-compulsive-disorder. Kau jadi mengharapkan kisah seperti di film dan novel cinta. Demikian pula semua orang yang tengah berada dalam cinta ini, siapa yang tidak mengharapkan and then they live happily ever after. Tapi eros bukanlah cinta yang kekal, karena cinta ini tumbuh dari emosi dan keadaan. Belajarlah dari luka yang ada sekarang karena agar bertahan cinta harus meningkat ke tahap berikutnya.

Filia anakku, adalah cinta persahatan, saling memberi dan menerima, berkomunikasi, bekerja sama. Ketika dua orang menikah cinta mereka perlu meningkat menjadi filia. Dengan cinta ini mereka akan menemukan kesatuan dan kekompakan mereka dalam membangun keluarga. Keduanya yang menjadi satu ini akan bekerja sama untuk sesuatu yang lebih besar dari mereka berdua. Win-win solution. Dalam eros masing-masing mencari pemenuhan dan pemuasan diri sendiri, dalam filia mereka berdua mencari pemenuhan bersama.

Agape adalah cinta yang memberi diri, cinta anugrah, cinta yang tetap mencintai bahkan ketika pasangannya sudah tidak pantas untuk dicintai. Inilah tingkat cinta tertinggi anakku. Cinta ini kita teladani dari cinta Tuhan pada umatNya. Inilah tindakan pribadi dari komitmen. Cinta tak bersyarat. Cinta yang kekal yang akan mempertahankan suatu pernikahan apapun yang terjadi, dalam susah dan senang, dalam sehat dan sakit.

Jika tiba saatnya bagimu membuka hati nanti pada seseorang, tanyakanlah pada dirimu, dapatkah kau merasa bahagia jika orang itu tidak pernah berubah? Apakah kau benar-benar mencintainya atau mencintai imajinasimu tentang dia? Dapatkah kau bahagia jika dia berubah menuju perubahan yang tidak kau inginkan? Cinta yang berakar pada komitmen akan bertahan melalui tekanan dan penderitaan dari setiap kekecewaan hidup. Cinta tertinggi adalah cinta yang memberikan segalanya dan tidak mengharapkan apa-apa.

Menangislah malam ini putriku, tapi ingatlah segala sesuatu dapat kita tanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepada kita (Flp 4:13). Lukamu pasti mereda dan tersembuhkan. Janganlah patah harapan karena segala sesuatu indah pada waktunya. “

Dikecupnya kening putri tersayangnya. “Tidurlah dengan damai sayangku.”

Sumber: dari berbagai sumber

Comments
  1. cinta sejati says:

    dear sister,

    weewww….artikel-nya bagus euy….
    jadi tau klo aku tipe-nya “cinta sejati”…qeqe….
    ditunggu deh artikel2 yang lainya….semangat ya… :)

    ** **
    *** * ***
    *******
    *****
    ***
    *

    -filia-

  2. di says:

    hoaaaaaaaaaa…so swwiittt

  3. anakmamahh says:

    makasii, jadi tau skrg :))

  4. Chiaki-kun says:

    Betul… Dalam membangun hubungan untuk melanjutkan ke level Filia diperlukan komitmen dan fondasi yang kuat, dan dibutuhkan mentor yang dapat mengarahkan. Thanks yah gw dapat berkat dari artikelmu..

  5. sarahkeiluhu says:

    Thanks banget,
    udah ngingatin kembali
    kok bisa ya ketemu postingan ini pas lagi dibutuhin.

    Cheers, Jesus love you :D

  6. setuju says:

    ijin sundul yaah

  7. Felix says:

    Ijin share bwt temen-2 remaja yach ….

  8. Jay says:

    bagus sekali tulisannya Siska,… met terus berkarya ya! aku juga mhn ijin share,… utk bahan retreat boleh? thx before :)

  9. Jay says:

    Hei Siska, hanya mau share. tulisanmu jadi bahan dasar yg luar biasa utk retreat adik2 SMA swasta di Surabaya. Mereka jarang disentuh dan saat menggali mereka menemukan kembali cinta yang hilang dalam diri, keluarga, persahabatan dan pada Sang Sumber Cinta,…mereka dan saya menemukan banyak pertumbuhan dan inspirasi baru. matur nuwun :) tetap berkarya tetap bertumbuh. GBU sobat

  10. simon says:

    artikelnya bagus banget,,bwt aku terinspirasi untuk mengamalkan cinta,,,thanks y,

  11. Lin says:

    thanks siska, buat postingannya, sangat membuka mata hati :)

  12. Quite enlighting..
    The contents, agape-eros-philia, have been in the world for centuries, but the way you ‘tell’ public through wordpress.com is so nice and simple that many readers, including me, get impressed.
    You know, during the last 25years, I have been hardly trying to convert my eros (to a girl i love at my first sight) into agape. I found your article during the effort..
    Weldone Sisca.

  13. Cris says:

    bagus,. terima kasih atas pengetahuan yg dituliskan ini . GB

  14. Dora says:

    Nice article…ijin share di FB-ku yahhh…
    Oy, ikutan post di web http://www.arthinkle.com dunk…Website buat penulis-penulis berbakat nih… ^^
    Share and inpire..
    GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s